Pandangan: Belajar

Jun 29, 2018

Belajar itu bukan sekedar rutinitas saat sekolah, tapi ya proses memahami suatu ilmu pengetahuan sebagai bekal di kehidupan masa depan, bahan untuk menumbuhkan skill di dalam diri.

 

Banyak orang masih melihat ini sebagai kegiatan rutinitas yang membosankan tanpa ada manfaat. Sesungguhnya mereka tidak belajar.

 

Harapanku adalah setiap orang bisa memahami pentingnya belajar, sehingga mereka memiliki skill dan menjalani kehidupan ini dengan penuh makna dan manfaat. Mereka memiliki peran masing-masing, melengkapi setiap puzzle kehidupan di dunia.


Ketika setiap manusia memiliki skill masing-masing, diharapkan skill tersebut dapat mengatasi permasalahan dunia yang tentunya beragam. Hidup mereka tentu akan bermanfaat. Banyak diantara kita masih melihat uang sebagai tujuan utama kebahagian, tapi lupa akan pentingnya menikmati hidup ini dan memberi manfaat bagi lingkungan sekitar. Bukan tidak boleh, hanya saja, jangan lupakan faktor yang kusebutkan tadi.

 

Sekolah adalah media belajar, karena dengan sekolah, ada sosok yang bertugas untuk mentransfer ilmu agar kita dapat memahami suatu ilmu pengetahuan, serta ada yang mengawasi tanggung jawab kita untuk belajar.

 

Guru, menjadi elemen paling penting di sekolah, sosok yang akan berbagi ilmu. Namun sangat disayangkan, masih banyak guru yang hanya memanfaatkan keuntungan profesi guru, tanpa memiliki keinginan untuk berbagi ilmu, serta memastikan kelayakan ilmu yang akan diajarkan, dalam arti, masih ada guru yang tidak benar-benar paham atas apa yang akan dibagikan atau diajarkan, karena tanpa ada pemahaman yang baik dan benar, sulit untuk siswa mengerti apa yang sedang guru tersebut bicarakan.

 

Dengan pemahaman yang baik dan benar, serta keinginan untuk berbagi, ilmu akan tersampaikan dengan baik, secara tidak langsung siswa pun akan mampu memahami ilmu tersebut dengan baik, dan terbukalah wawasan mereka mengenai ilmu tersebut.

 

Dan masih banyak sekolah yang melakukan standarisasi yang tinggi, itu buruk, at least buatku, karena kemampuan tiap individu berbeda, mereka mungkin perlu mengetahui pengetahuan umum yang dasar, namun pengetahuan lebih lanjut, biarkan mereka yang memilih, disini sekolah seharusnya memiliki peran sebagai sosok yang membantu siswa menemukan pilihannya.

 

Mengenai ilmu pengetahuan, ada beberapa ilmu pengetahuan yang memang terlalu abstrak, sehingga perlu usaha lebih untuk dapat memahami ilmu pengetahuan tersebut, tetapi sesungguhnya, ilmu pengetahuan itu erat dengan kita, ada disekitar kita.


Ilmu pengetahuan apapun muncul karena seseorang memperhatikan kejadian yang ada di sekitarnya, baik kehidupan sosial, kejadian alam, atau lainnnya. Mereka melihat disana terdapat suatu masalah, lalu mereka mencari tahu apa solusi dari masalah tersebut, dan bagaimana mencapai solusi tersebut. Lalu lahirlah suatu ilmu pengetahuan, dari situ pula, ilmu pengetahuan dapat dikembangkan, sehingga, dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekitar. Kebenaran suatu ilmu pengetahuan tidak mutlak, karena permasalah akan semakin kompleks dan jika solusi yang sudah ada tidak lagi menjadi solusi, maka perlu dicari solusi baru, dan akan selalu seperti itu, kita pun dituntut untuk terus belajar secara kontinu.


Penutup, belajarlah karena memang kamu butuh ilmu tersebut bukan karena 'biasanya seperti itu'.


Ditulis pada 24 Desember 2016.

Life Learn

Contact me